ANALISIS PERIKLANAN – Majalah
Sebagus apa pun produk yang dibuat oleh Produsen, jika tidak dilakukan promosi maka produk tersebut tidak akan dicari orang karena produk tersebut tidak dikenal. Salah satu strategi promosi adalah periklanan.
Singkatnya, Periklanan memegang peranan penting dalam pemasaran produk.
Majalah sebagai salah satu media komunikasi banyak diisi oleh periklanan produk. Dengan iklan tersebut, konsumen digiring untuk mengenal dan tertarik kepada produk yang dipromosikan.
Produk yang diiklankan biasanya akan mengalami peningkatan penjualan, setingkat apa pun kualitas produknya.
Dalam iklan sering digunakan selebritis atau pun pakar sebagai reference group (kelompok acuan). Coba perhatikan iklan sabun mandi, kebanyakan iklan-iklannya “dipenuhi” oleh penampilan para selebritis. Atau juga, iklan produk kesehatan yang menampilkan para pakar seperti : dokter, ahli gigi, atau yang lainnya yang memberi testimoni dan rekomendasi penggunaan produk.
Ada pula iklan yang dirasa tidak nyambung dengan produk yang ditawarkan. Namun di balik itu semua terdapat keunikan yang membuat beda dengan iklan produk lainnya.
Tugas Anda adalah melakukan Analisis Stategi Periklanan yang ditampilkan atau dimuat di Majalah.
PETUNJUK PENGERJAAN :
1. Masing-masing mahasiswa memilih satu lembar iklan (mana saja) untuk dianalisis
2. Silahkan download gambar iklan yang akan dianalisis dengan meng-klik SATU IKLAN saja.
IKLAN 1 IKLAN 2 IKLAN 3 IKLAN 4
IKLAN 5 IKLAN 6 IKLAN 7 IKLAN 8
IKLAN 9 IKLAN 10 IKLAN 11 IKLAN 12
IKLAN 13 IKLAN 14 IKLAN 15 IKLAN 16
IKLAN 17 IKLAN 18 IKLAN 19 IKLAN 20
IKLAN 21 IKLAN 22
3. Gambar cukup didownload saja, tidak perlu dicetak
4. Silahkan analisis sesuai arahan pada Lembar Kerja dalam Modul Ekonomi Kreatif dan Praktek Pemasaran BAB ANALISIS PERIKLANAN hal 41 – 43
5. Hasil analisis Anda ditulis tangan di lembar kerja tersebut
6. SELAMAT MENGERJAKAN
Source:
Judul Buku : EKONOMI KREATIF & PRAKTEK PEMASARAN,
Penulis : Mulyana, Mumuh dan Sulistiono,
Penerbit : Bogor : Kesatuan Press
Tahun Terbit : 2012
Sumber
Comments
Post a Comment