Tugas Ekonomi Kreatif & Praktek Pemasaran – Analisis Periklanan 2018



ANALISIS PERIKLANAN – Majalah

Sebagus apa pun produk yang dibuat oleh Produsen, jika tidak dilakukan promosi maka produk tersebut tidak akan dicari orang karena produk tersebut tidak dikenal. Salah satu strategi promosi adalah periklanan.

Singkatnya, Periklanan memegang peranan penting dalam pemasaran produk.

Majalah sebagai salah satu media komunikasi banyak diisi oleh periklanan produk. Dengan iklan tersebut, konsumen digiring untuk mengenal dan tertarik kepada produk yang dipromosikan.

Produk yang diiklankan biasanya akan mengalami peningkatan penjualan, setingkat apa pun kualitas produknya.

Dalam iklan sering digunakan selebritis atau pun pakar sebagai reference group (kelompok acuan). Coba perhatikan iklan sabun mandi, kebanyakan iklan-iklannya “dipenuhi” oleh penampilan para selebritis. Atau juga, iklan produk kesehatan yang menampilkan para pakar seperti : dokter, ahli gigi, atau yang lainnya yang memberi testimoni dan rekomendasi penggunaan produk.

Ada pula iklan yang dirasa tidak nyambung dengan produk yang ditawarkan. Namun di balik itu semua terdapat keunikan yang membuat beda dengan iklan produk lainnya.

Tugas Anda adalah melakukan Analisis Stategi Periklanan yang ditampilkan atau dimuat di Majalah.

PETUNJUK PENGERJAAN :
1. Masing-masing mahasiswa memilih satu lembar iklan (mana saja) untuk dianalisis
2. Silahkan download gambar iklan yang akan dianalisis dengan meng-klik SATU IKLAN saja.

IKLAN 1                 IKLAN 2                     IKLAN 3                    IKLAN 4
IKLAN 5                 IKLAN 6                     IKLAN 7                    IKLAN 8
IKLAN 9                 IKLAN 10                   IKLAN 11                  IKLAN 12
IKLAN 13               IKLAN 14                   IKLAN 15                  IKLAN 16
IKLAN 17               IKLAN 18                   IKLAN 19                  IKLAN 20
IKLAN 21               IKLAN 22


3. Gambar cukup didownload saja, tidak perlu dicetak
4. Silahkan analisis sesuai arahan pada Lembar Kerja dalam Modul Ekonomi Kreatif dan Praktek Pemasaran BAB ANALISIS PERIKLANAN hal 41 – 43
5. Hasil analisis Anda ditulis tangan di lembar kerja tersebut
6. SELAMAT MENGERJAKAN

Source:
Judul Buku : EKONOMI KREATIF & PRAKTEK PEMASARAN,
Penulis : Mulyana, Mumuh dan Sulistiono,
Penerbit : Bogor : Kesatuan Press
Tahun Terbit : 2012

Sumber

Comments