Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Terdapat tiga pola pengambilan keputusan yang dapat dilakukan konsumen:
Pertama, Limited Buying Decission, yaitu pengambilan keputusan pembelian terbatas dengan pertimbangan terbatas, ada pertimbangan tapi sedikit saja. Misal membeli makanan saat lapar. Konsumen dalam kondisi seperti ini tidak akan berpikir panjang, yang penting memperoleh makanan yang dapat segera dikonsumsi. Konsumen cenderung telah mempunyai informasi yang lebih banyak tentang produk yang akan dikonsumsinya.
Kedua, Extended Buying Decission, yaitu pengambilan keputusan pembelian yang rumit dengan mempertimbangkan banyak hal. Biasanya produk yang dibeli merupakan produk yang penting dan berharga. Misal membeli rumah. Konsumen akan mempertimbangkan lokasinya, harganya, fasum yang tersedia, aksesnya, kenyamanan dan keamanannya.. dan banyak hal lain yang lebih spesifik sesuai ekspektasi konsumen.
Ketiga, Habitual Buying Decission, yaitu keputusan pembelian yang dilakukan tanpa berpikir panjang tanpa mempertimbangkan banyak hal, yang penting produknya diperoleh di tempat terpercaya, karena sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas. Misalnya, membeli Gas 3kg (Tabung Hijau). Biasanya jarak tempuh yang menjadi hal utama pertimbangannya.
Comments
Post a Comment