Analisis Lokasi Bisnis Untuk Mahasiswa STIE Kesatuan



ANALISIS LOKASI BISNIS


PROSEDUR PRAKTEK

1. Bentuklah kelompok dengan jumlah anggota 2 (dua) orang

2. Masing-masing kelompok memperoleh 1 (satu) lembar kerja

3. Pilihlah salah satu Pedagang Kecil / UKM yang akan disurvey, contohnya:
 Pedagang Gorengan
 Penjual Martabak
 Pedagang Bubur Ayam / Bubur Kacang Ijo
 Usaha Jasa Pencucian Motor (Steam Motor)
  Dan lain sebagainya

4. Setiap kelompok mempunyai waktu 3 (tiga) hari untuk melakukan peninjauan ke UKM yang telah ditetapkan

5. Hal-hal yang ditinjau di UKM disesuaikan dengan lembar kerja yang telah dibagikan

6. Berdasarkan hasil peninjauan, tugas Anda selanjutnya adalah menguraikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja terlampir

7. Uraian jawaban tersebut Anda susun dengan baik dan rapi sehingga berbentuk Laporan Peninjauan. Anda mempunyai waktu 3 (tiga) hari untuk menyusun laporan dimaksud.

FORM PENGAMATAN LOKASI BISNIS


Nama UKM                     :               _____________
Bisnis yang dijalankan    :               _____________
Alamat Tempat Usaha     :               _____________

A. PROFIL USAHA

1. Kepemilikan Usaha
2. Jumlah SDM / Tenaga Kerja / Karyawan yang terlibat
3. Harga Produk per unit / per porsi
4. Omset Penjualan per hari / per bulan
5. Peralatan dan Perlengkapan yang digunakan dalam menjalankan usaha

B. LOKASI USAHA

1. Seberapa besar jalan umum yang berada di depan lokasi usaha tersebut
2. Berapa trayek angkutan umum yang melalui lokasi usaha tersebut
3. Sebutkan komplek perumahan yang berada di sekitar lokasi bisnis tersebut
4. Sebutkan sekolah atau perkantoran yang berada dekat dengan Lokasi tersebut
5. Apakah lokasi tersebut dekat dengan pasar atau tempat rekreasi/hiburan?
6. Kira-kira berapa orang yang lalu lalang di sekitar lokasi bisnis tersebut per harinya?
7. Apakah memungkinkan bagi orang yang berkendara kendaraan roda empat berhenti dan menghampiri lokasi bisnis tersebut? Adakah lahan parkir.

C. KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

1. Menurut Anda apakah lokasi bisnis tersebut strategis? Jelaskan pertimbangan dan alasan Anda!
2. Sudah optimalkah pelaku UKM / pemilik usaha memperoleh manfaat dari lokasi bisnis tersebut? Jelaskan!

Comments